Selasa, 27 Maret 2012

Algoritma DDA ( Garis )

Pertama2 kita akan membahas flowchartnya, karena disetiap Algoritma / Pemrograman pasti adaflowchart, dan flowchartnya yaitu:
Flowchart Garis Bressenham
Flowchart Garis Bressenham
Selanjutnya adalah tata cara penggunaan dah meletakan bahasa
pemrograman untuk membuat garis bressenham:
Tidak seperti Algoritma DDA, Algoritma Bressenham
tidak membulatkan nilai posisi pixel setiap waktu.
Algoritma Bressenham hanya menggunakan penambahan nilai
integer yang juga dapat diadaptasi untuk menggambar lingkaran.
Berikut ini langkah langkah untuk membentuk garis menurut
algoritma Bressenham:
1. Tentukan dua titik yang akan dihubungkan
2. Tentukan salah satu titik di sebelah kiri sebagai titik awal yaitu(x0,y0)
dan titik lainnya sebagai titik akhir(x1,y1).
3. Hitung dx,dy,2dx dan 2dy2dx.
4. Hitung parameter
p0=2dydx
5. Untuk setiap xk sepanjang jalur garis, dimulai dengan k=0,
Bila pk <
0, maka titik selanjutnya adalah (xk+1,yk), dan pk+1=pk+2dy
Bila tidak,
maka titik selanjutnya adalah(xk+1, yk+1), dan pk+1=pk+2dy2dx.
6.Ulangi langkah nomor 5 untuk menentukan posisi pixel selanjutnya,
samapai x=x1 dan y=y1.
Contoh Prosedur algoritma Bressenham untuk menggambar garis
dari titik (10,10) ke (500,10).uses graph,crt;
{tambahkan pada bagian ini prosedur penginisialisasian device, lihat pada bab 1}
procedure DrawBressLine(xa,ya,xb,yb:integer);
var
dx,p,dy,xEnd:integer;
x,y:real;
begin
dx:= abs(xb-xa);
dy:= abs(yb-ya);
p:=2*dy-dx;
if xa > xb then
begin
x:=xb;
y:=yb;
xEnd:=xa;
end
else
begin
x:=xa;
y:=ya;
xEnd:=xb;
end;
putPixel(round(x),round(y),30);
while x < xEnd do
begin
x:=x+1;
if p < 0 then
p:=p+(2*dy)
else
begin
y:=y+1;
p:=p+(2*(dy-dx));
end;
putPixel(round(x),round(y),30);
end;
end;
begin
init;
DrawBressLine(10,10,500,10);
readkey;
destroy;
end.
Adapun penjelasan Bressenham yaitu:
Algoritma Garis Bresenham adalah suatu algoritma yang menentukan titik-titik
dalam dimensi yang membentuk pendekatan dekat dengan garis lurus antara dua
titik yang diberikan. Pendekatan ini biasa digunakan untuk
menggambar garis pada layar komputer, karena hanya menggunakan integer penambahan,
pengurangan dan pergeseran. Algoritma ini merupakan salah satu algoritma paling awal
yang dikembangkan di bidang komputer grafis.
Dan Hasil Dari Bressenham Yaitu!!!
Hasil Bressenham dari Listing diatas
Hasil Bressenham dari Listing diatas
Copas From http://majikuhibiniu.wordpress.com/2011/04/03/algoritma-garis-bressenham-grafika-komputer/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar